Rabu, 09 Agustus 2017

Tips Diet Saat Bulan Puasa Ramadhan 1436 H

Menurunkan berat tubuh atau diet dikala bulan pahala Ramadhan seharusnya bisa dilakukan dengan mudah. Betapa tidak , selama satu bulan penuh , kita dianjurkan untuk menahan diri dari lapar dan dahaga serta hawa nafsu. Dengan demikian , seharusnya porsi makan kita berkurang dan mudah sekali untuk memperoleh target kurus. Namun , apa kesudahannya bila dikala puasa seseorang malah gemuk? Ini menjadi pertanyaan besar yang harus dijawab oleh masing-masing orang. Yang terang , bila Anda ingin tetap menjalankan jadwal diet sehat selama bulan pahala , termasuk Ramadhan 1436 H tahun ini , berikut yakni beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

Ini cara menurunkan berat tubuh dikala bulan pahala Ramadhan 1436 H , semoga lancar

Tips Diet Saat Bulan Puasa Ramadhan 1436 H

Niat

Niat yang harus Anda tanamkan bukanlah niat untuk diet. Bagaimanapun jangan hingga niat diet ini merusak nilai ibadah Anda dikala berpuasa. Niatkan berpuasa sebab Tuhan semata , bukan sebab Anda ingin kurus atau semacamnya.

Jadwal

Yang perlu diperhatikan selanjutnya yakni jadwal makan Anda. Bagaimanapun dikala bulan pahala tiba , Anda harus secara otomatis mengganti jadwal makan. Jika sebelumnya Anda makan pagi , siang , dan malam. Pada dikala berpuasa Anda harus menjalankannya dengan sahur , menu pembuka berbuka puasa , dan makanan utama setelah maghrib. Anggap saja sahur di pagi hari sebagai menu makanan pagi Anda , kemudian dikala adzan maghrib berkumandang , konsumsilah makanan sebagai camilan sehat. Setelah itu , gres makanan berat bisa Anda konsumsi setelah sholat maghrib.

Perhatikan porsi dikala berbuka

Sebenarnya , Anda harus memperhatikan semua porsi makan Anda , baik dikala sahur maupun berbuka. Namun , seseorang yang sedang puasa biasanya cenderung makan berlebih justru dikala berbuka puasa. Ketika sudah jam 4-5 an sore , impian untuk makan ini itu biasanya datang. Dan diwujudkan dikala hendak makan berbuka. Sebaiknya hindari hal-hal semacam ini. Makanlah sewajarnya dan berhentilah makan sebelum kenyang sebagaimana sabda Nabi. Isi perut Anda 80% nya saja. Supaya dikala sholat tarawih Anda juga tidak merasa terkekang dengan perut yang terlalu penuh.

Utamakan karbohidrat kompleks

Menu makanan berkarbohidrat menjadi menu yang paling populer di Indonesia. Ketika bulan pahala tiba dan Anda sedang dalam jadwal diet sehat , sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbohidrat sederhana. Sebaiknya , pilih makanan berkarbohidrat kompleks sebagai bekal untuk menerima nutrisi yang cukup. Pilihan menu sahur berkarbohidrat kompleks juga bisa membantu Anda untuk tetap bugar seharian meskipun sedang berpuasa. Oleh sebab itu , sangat wajar bila selama bulan pahala , Anda menyiapkan makanan berkarbohidrat kompleks dikala berbelanja dan menyimpan di lemari pendingin.

Jangan terlalu banyak makanan manis

Cara menguruskan tubuh selama bulan pahala selanjutnya yakni dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Memang , berbuka lebih baik diawali dengan yang manis. Namun memilih suplemen buatan juga tidak baik buat tubuh terlebih buat diet sehat yang sedang dijalankan.

Baca Juga: Cara Aman Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Tetap beraktivitas

Aktivitas Anda merupakan bentuk olahraga selama Anda berpuasa. Aktivitas ringan sekalipun akan membantu dalam pembakaran kalori tubuh. Justru , disarankan untuk tidak melaksanakan acara berat selama Anda berpuasa. Tetap beraktivitas namun ketahui batas kemampuan diri Anda. Supaya Anda tetap bugar dan sehat selama berpuasa.

Cairan

Penting sekali untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh selama Anda berpuasa , khususnya dalam jadwal diet sehat selama bulan pahala Ramadhan 2015 tahun ini. Air putih menjadi sobat yang baik buat Anda untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tersebut.

Supaya tubuh tidak lemas baik dikala malam maupun siang hari dikala Anda menjalankan tips diet dikala bulan pahala Ramadhan 2015 1436 H tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar