Jumat, 11 Agustus 2017

7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh – Madu memang memiliki rasa manis yang unik. Ada yang senang , ada pula yang tidak menyukainya. Suka tidak suka , madu ternyata memiliki manfaat buat tubuh. Khasiat madu ini cukup banyak , dan 7 di antaranya akan kami tulis dalam artikel ini.

Kenali 7 manfaat madu untuk kesehatan badan Anda

7 Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Sebagaimana kami lansir dari medicaldaily , berikut di antara manfaat madu yang ternyata memiliki kandungan kalori , bebas lemak , bebas kolesterol , bebas sodium , karbohidrat , air , mineral , asam amino , dan vitamin. Semua kandungan itu tentu juga baik untuk diet Anda , bukan? Sebab kandungannya yang bebas kolesterol , sodium , bahkan lemak. Apa saja manfaat lainnya?

Pertama , meredakan alergi

Kegunaan madu alami yang pertama ialah mampu meredakan alergi. Memang penelitian ini belum banyak dilakukan , namun menurut Dr. Matthew Brennecke , seorang dokter naturopati terlatik dari Colorado , Wellness Center Rocky Mountain di Fort Collins mengatakan bila madu mampu bertindak sebagai vaksin alami. Di mana madu mengandung serbuk sari yang mampu menghasilkan antibodi ketika merespon adanya imun yang terganggu.

Kedua , minuman berenergi

Jika Anda ingin menerima minuman yang cukup mampu menunjukkan tenaga dalam sehari , maka madu mampu menjadi satu pilihan Anda. pasalnya , madu mampu mendorong energi dengan cepat.

Ketiga , meningkatkan memori

Kandungan madu salah satunya ialah antioksidan. Di mana komposisi madu yang satu ini mampu membantu dalam mencegah kerusakan sel. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 ditemukan bila madu mampu meningkatkan memori wanita-wanita yang sudah menopause di Malaysia. Madu juga mampu bertindak sebagai alat untuk terapi intelektual dibandingkan dengan pil hormon. Di mana penelitian itu dilakukan selama 1 bulan dengan jumlah madunya ialah 20 gram per hari.

Keempat , meredakan batuk

Dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bila madu mampu meredakan batuk pada bawah umur usia 1 sampai 5 tahun di malam hari. Terapi ini dilakukan setengah jam sebelum tidur sebanyak 2 sendok teh. Tekstur madu yang kental dan tebal mampu membantu tenggorokan sedangkan rasa manisnya mampu membantu melindungi tenggorokan serta mampu meringankan benjol susukan pernafasan adegan atas.

Kelima , memperbaiki kualitas tidur

Salah satu langkah diet sehat yang baik ialah dengan tidur berkualitas dalam jumlah yang pas. Dan khasiat madu salah satunya ialah untuk hal tersebut. Madu memiliki manfaat untuk badan khususnya untuk melepaskan hormon serotonin yang mampu membantu memperbaiki kualitas tidur. Selain itu , madu juga memiliki komposisi berupa tryptophan.

Keenam , perawatan rambut berketombe

Jika ada problem dengan ketombe di rambut Anda , coba saja untuk memakai masker madu plus air hangat 3 jam sebelum pembilasan dikala Anda keramas. Sesuai dengan penelitian yang sudah diterbitkan pada European Journal of Medical Research pada tahun 2001 , di mana madu mampu membantu menghilangkan gatal alasannya ialah ketombe di rambut Anda. Di sini madu mengandung anti kuman dan anti jamur. Selain itu , madu juga mampu membantu mengobati dermatitis.

Baca Juga: 4 Alat Gym Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Ketujuh , baik untuk luka dan luka bakar

Antibiotik alami yang terkandung dalam madu mampu dimanfaatkan baik secara internal maupun eksternal.

Terlepas dari manfaat madu untuk kesehatan tubuh di atas , khasiat madu untuk diet dan untuk yang lainnya memang sudah ditemui semenjak ribuan tahun lamanya. Nenek moyang kita sering menggunakan madu untuk mengembalikan stamina badan yang turun. Sekarang pun madu digunakan sebagai materi pembuat obat , obat-obatan herbal , sampai sampo , dan produk kecantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar