Rabu, 09 Agustus 2017

Menurunkan Berat Badan 15 Kg Saat Puasa

Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu , puasa juga mengajarkan kita bagaimana cara mengontrol diri. Oleh karena itu , puasa selalu dikaitkan dengan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Sebab diet pada dasarnya juga mengontrol diri kita supaya tidak makan berlebih , mau mengatur jumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari , dan yang lainnya. Tidak heran bila banyak keinginan besar bermunculan dari para pelaku diet menguruskan tubuh pada ketika bulan ampunan tiba. Berharap tubuhnya mampu kurus setelah sebulan berpuasa.

Namun , kadang apa yang harus kita lakukan untuk mengontrol diri tidak sesederhana itu. Sebab menurunkan berat tubuh harus dilakukan dengan benar , tidak hanya dengan mengurangi porsi makan atau semacamnya. Tetapi juga harus mempertimbangkan kesehatan dan kebugaran ketika berpuasa. Dilansir dari Now Loss , di bawah ini yaitu beberapa cara mudah menurunkan berat tubuh ketika berpuasa.

Ini lho , cara dan tips alami menurunkan berat tubuh 15 kg ketika berpuasa

Menurunkan Berat Badan 15 Kg Saat Puasa

Kontrol jumlah kalori

Usaha untuk menurunkan berat tubuh mampu dimulai dengan mengontrol jumlah kalori harian yang Anda konsumsi selama bulan puasa. Sebanyak 1200 hingga 2000 kalori harus dikonsumsi supaya Anda tetap mampu menjalankan acara dan bugar di siang hari. Di sini , sebaiknya Anda membuat acara makanan supaya pemenuhan kalori tersebut mampu dibagi ke dalam menu sahur sehat dan menu makanan sehat untuk berbuka puasa. Kaprikornus , jangan hanya mengurangi porsi makan tanpa tahu ukurannya ya?

Kontrol porsi ketika berbuka puasa

Bukan diam-diam lagi bila ketika waktu jelang berbuka , rasanya kita ingin makan semua makanan. Baik jenisnya maupun jumlahnya , kalau mampu yang banyak. Namun ingat , kalau hawa nafsu ini dituruti , bukan turun berat tubuh yang akan didapatkan , tambah berat tubuh , iya. Lagi pula , makan terlalu banyak ketika berbuka tidak baik buat kesehatan. Kaprikornus , tahan diri Anda dari keinginan makan banyak dan macam-macam ketika berbuka puasa.

Alihkan rasa lapar

Pada awal-awal puasa , Anda akan mengalami masa transisi dari hari biasa (saat masih mampu makan di siang hari) ke hari di mana Anda harus tidak makan dan minum di siang hari. Bagi Anda yang sering ngemil , ini tentu berat. Maka dari itu , sebaiknya Anda mengalihkan rasa lapar Anda ke kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya , membaca buku pelajaran sekolah , berdzikir , baca al-Quran , dan yang lainnya. Bahkan , Anda mampu saja tidur untuk mengalihkan rasa lapar itu , asalkan tidak seharian tidur juga.

Langkah sempurna atasi haus

Sangat wajar bila Anda mengalami haus ketika siang hari. Namun , akan baik bila Anda menemukan solusi untuk hal itu , bukan? Beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu;

1.Penuhi cairan tubuh ketika sahur dan berbuka
2.Mandi air hirau taacuh di siang hari biar tubuh menjadi segar
3.Hindari konsumsi minuman yang mampu buat haus ketika sahur
4.Minuman yang mampu buat haus menyerupai kopi , teh , minuman bersoda , dll
5.Makanan asin dan digoreng juga mudah membuat kita merasa haus

Persiapan itu penting

Agar Anda mampu menghadapi puasa dengan baik , maka persiapan untuk hal tersebut sangatlah penting. Misalnya dengan membiasakan diri untuk tidak makan makanan yang digoreng , mencukupi kebutuhan air ketika malam hari , dan yang lainnya. Persiapan ini biasanya dilakukan sebelum Ramadhan tiba sehingga pada ketika bulan ampunan datang Anda sudah siap dengan kebiasaan gres dan puasa pun akan menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa

Olahraga , perlukah?

Sebenarnya , tanpa olahraga pun Anda tetap mampu menurunkan berat tubuh ketika berpuasa. Namun demi hasil maksimal dalam cara menurunkan berat tubuh 15 kg selama puasa Ramadhan , sebaiknya Anda berolahraga. Namun karena ketika siang Anda rentan haus , sebaiknya hindari olahraga berat. Lakukan olahraga ringan dalam jangka waktu yang singkat sekitar 15 hingga 40 menit saja.

Cara diet sehat menguruskan tubuh 15 kg di bulan Ramadhan di atas mampu Anda praktekkan dengan mudah , asalkan Anda mampu mengontrol diri dan memahami arti puasa sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar