Rabu, 09 Agustus 2017

Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa

Tips menjaga teladan makan diet ketika berpuasa Ramadhan itu penting , mengingat di bulan ini kemungkinan untuk turun berat tubuh jauh lebih besar dibanding hari-hari biasa. Target yang di bulan biasa seolah tidak mampu dicapai , dengan berpuasa selama sebulan penuh rasa-rasanya target untuk turun berat tubuh itu dapat diperoleh dengan mudah. Asalkan , teladan makan kita selama berpuasa juga dijaga.

Bagaimana cara mengatur teladan makan diet ketika berpuasa Ramadhan 1436H?

Mengatur Pola Makan Diet Saat Berpuasa

Esensi puasa

Sebelum menjalankan diet ketika puasa , seharusnya kita tahu dulu , bahwa masih ada kemungkinan (meskipun itu kecil) bagi kita untuk mengalami kenaikan berat tubuh ketika puasa. Biasanya ini terjadi manakala kita tidak mengetahui esensi dari berpuasa sesungguhnya. Ya , esensi dari puasa ialah bagaimana kita mengontrol diri , mengontrol dari hawa nafsu , makan , minum , dan yang lainnya. Kita harus mampu mengontrol diri kita untuk menjaga kesehatan , mengatur teladan makan sehat , melaksanakan segala sesuatu sesuai ritme yang benar.

Puasa juga mengajarkan bagaimana cara kita berdisiplin dengan diri kita sendiri. Dengan mengetahui esensi puasa , kita akan jauh lebih mudah mendalami bagaimana cara menurunkan berat tubuh sampai 15 kg di bulan Ramadhan.

Diet yang seimbang

Ketika kita sudah tahu esensi puasa ialah mengontrol diri , maka akan jauh lebih mudah bagi kita untuk menahan apa yang kita inginkan dan memperlihatkan untuk tubuh kita apa yang dibutuhkannya. Yang diperlukan oleh tubuh ketika sedang diet ketika berpuasa ialah diet yang seimbang , artinya Anda harus memilih makanan dengan gizi yang seimbang menyerupai protein , karbohidrat kompleks , serat , lemak sehat , dan yang lainnya. Anda mampu memilih beberapa makanan menyerupai kentang , roti gandum , produk susu rendah lemak , sayuran , serta buah-buahan. Termasuk di dalamnya juga ikan , daging , dan yang lainnya.

Makanan yang harus dihindari

Selain menjalankan diet yang seimbang , seharusnya kita tahu bagaimana memilih makanan dengan cermat. Dalam hal ini , semoga puasa tidak malah menambah berat tubuh , ada makanan yang harus dihindari , di antaranya adalah;

•makanan yang digoreng
•makanan berminyak
•makanan dengan kandungan lemak tak sehat
•makanan yang terlalu asin atau kadar garamnya tinggi
•makanan yang mengandung gula tinggi

Pengolahan makanan

Berbicara wacana teladan makan diet ketika berpuasa Ramadhan , maka tidak mampu dipisahkan dari cara mengolah makanan yang benar. Di sini , pengolahan yang disarankan ialah mengukus dan merebus. Mengingat selama bulan pahala , kita disarankan untuk sebisa mungkin menghindari makanan yang berminyak , makanan yang digoreng , sampai makanan yang berlemak tak sehat sebagaimana dijelaskan di atas.

Baca Juga: Olahraga Diet Selama Bulan Puasa Ramadhan 2015

Cara makan

Pada ketika berbuka , kita cenderung ingin makan banyak dalam waktu yang cepat. Terkadang ini membuat kita makan dengan kunyahan yang kurang sempurna. Untuk itu , sebaiknya hindari hal-hal menyerupai ini , makanlah secukupnya dengan terlebih dulu minum cairan ketika waktu berbuka datang , dilanjutkan dengan kurma. Setelah maghrib , gres makan berat dan sempurnakan kunyahannya sampai halus.

Semoga tips sehat diet menurunkan berat badan selama berpuasa ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar