Selasa, 08 Agustus 2017

Cara Aman Berpuasa Saat Menyusui

Ibu menyusui memiliki keringanan untuk tidak berpuasa jikalau tidak bisa dikala bulan Ramadhan tiba. Namun , jikalau Anda tetap ingin mengikuti ibadah wajib ini tanpa perlu membahayakan buah hati serta diri Anda sendiri , sebaiknya simak beberapa tips di bawah ini.

Ini lho cara aman berpuasa dikala menyusui yang bisa Anda coba

Cara Aman Berpuasa Saat Menyusui

Pertama , di luar masa ASI eksklusif

Jika Anda ingin berpuasa , tunggulah dikala bayi Anda berusia 6 bulan , di mana Anda sudah tidak perlu menawarkan ASI langsung buat buah hati Anda tersebut.

Kedua , konsultasi ke dokter

Sebelum memutuskan untuk berpuasa , cobalah berkonsultasi dengan dokter. Apakah dengan Anda berpuasa , bayi Anda tidak akan terganggu. Jika makanannya tetap cukup meskipun Anda berpuasa , berat badannya tetap seimbang dan perkembangannya baik , maka Anda sah-sah saja berpuasa. Namun jikalau ada yang dikhawatirkan dan berbahaya , sebaiknya ikuti keringanan yang sesuai pemikiran islam.

Ketiga , istirahat

Istirahat menjadi salah satu momen yang harus dilakukan untuk mengembalikan energi Anda. Sebab ibu yang menyusui dan berpuasa lebih rentan mencicipi lemas. Selain baik buat tubuh , istirahat juga sangat baik dari sisi psikologis.

Keempat , air putih

Minum air putih dikala buka dan sahur sangat penting buat busui. Sebab sebab berpuasa , cairan tubuh akan berkurang sekitar 2 sampai 3 persen.

Kelima , tetap makan 3 kali sehari

Supaya tetap baiklah dikala puasa , terapkan contoh makan sehat 3 kali sehari. Bagi waktunya dikala buka puasa , setelah sholat tarawih atau menjelang Anda istirahat tidur , dan dikala sahur. Supaya ASI tidak terganggu , coba ikuti komposisi berikut setiap kali Anda makan;

1.Setengah dari makanan itu mengandung karbohidrat
2.Lemak sebanyak 20 %
3.Protein sebanyak 30 %

Keenam , atur jadwal menyusui bayi

Dipungkiri atau tidak , dikala siang hari , produksi susu tidak akan sebanyak dikala malam ketika Anda simpulan berbuka. Untuk itu , penting kiranya menyadari dan membuat jadwal menyusui buat bayi.

Baca Juga: 11 Cara Berpuasa Saat Sedang Program Diet Sehat

Ketujuh , tidak perlu memaksakan diri

Jangan terlalu mengekang diri Anda , juga memaksakan diri. Apalagi jikalau tubuh memang sudah tidak besar lengan berkuasa untuk berpuasa. Apalagi jikalau sudah Anda tanda-tanda menyerupai di bawah ini;

1.Air kencing berbau tajam
2.Air kencing berwarna gelap
3.Merasa akan pingsan
4.Merasa lemah dan lesu
5.Sakit kepala
6.Merasa tubuh sakit
7.Dehidrasi
8.Sangat kehausan

Jika beberapa hal di atas sudah dirasakan , maka ibu menyusui sebaiknya membatalkan puasanya dulu. Karena tubuh sudah menawarkan sinyal tidak bisa , dan istitho’ah menjadi syarat wajib berpuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar