Selasa, 08 Agustus 2017

Ini 6 Menu Makanan Yang Harus Dihindari ketika Puasa

Ada beberapa jenis menu makanan yang harus dihindari ketika puasa. Makanan dan minuman tersebut sebagian besar mampu membuat kita merasa haus sehingga mampu menjadi pemicu beratnya puasa yang kita jalani. Badan lemas di siang hari dan tentu saja tidak mampu terlihat sehat dan bugar. Hal semacam ini disadari atau tidak mampu membuat fokus menjadi berkurang dan acara di kantor baik pekerjaan di dalam maupun di luar (lapangan) akan sedikit terganggu. Pemilihan makanan yang sempurna mampu menjadi cara mencegah terbaik.

Beberapa jenis menu makanan yang harus dihindari ketika puasa Ramadhan 1436 H

Ini 6 Menu Makanan Yang Harus Dihindari ketika Puasa

Junk food – Makanan cepat saji

Menu makanan pertama yang harusnya dihindari yaitu makanan junk food atau yang kita kenal juga dengan istilah makanan cepat saji. Makanan ini tidak baik buat tubuh. Cenderung membut kita mudah cepat lapar dan haus. Sebaliknya , Anda disarankan untuk menikmati buah dan sayur sebagai pengganti makanan kurang sehat tersebut. Terlebih , junk food juga memang tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi pelaku diet , baik ketika sedang berpuasa maupun ketika sedang tidak berpuasa.

Makanan asin

Makanan yang asin menjadi salah satu jenis makanan yang seharusnya tidak dimakan ketika sahur dan berbuka puasa. Sama dengan makanan cepat saji , makanan ini juga mampu memicu rasa haus ketika siang hari sehingga puasa pun terasa lebih berat. Selain makanan asin , makanan yang mengandung banyak rempah juga mampu membuat kita cepat merasa haus.

Makanan manis

Selain makanan asin , makanan yang mengandung banyak gula juga menjadi salah satu makanan yang harusnya dihindari ketika sedang berpuasa , utamanya ketika menikmati santap sahur. Solusinya , kalau memerlukan makanan yang manis atau olahan makanan yang manis , gunakanlah madu. Jika sedang berbuka puasa , sebaiknya minum jus buah atau buah mentah saja untuk mencicipi manis yang segar dan sehat.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng bagi mereka yang sedang menurunkan berat tubuh merupakan sebuah pantangan. Sebab biasanya , makanan ibarat ini mengandung banyak minyak sehingga mampu jadi ada lemak trans yang terkandung di dalamnya. Bagi mereka yang sedang berpuasa , makanan ini pun seharusnya dihindari , alasannya yaitu sulit dicerna.

Makanan tak seimbang

Sebaiknya pilihlah makanan yang mengandung gizi seimbang , jangan hanya berfokus pada salah satu kandungan gizi saja sehingga Anda mampu menjalankan diet sehat yang seimbang. Makanan yang tak seimbang misalnya , hanya mengonsumsi karbohidrat berat , namun tidak mengombinasikannya dengan protein atau yang lainnya. Untuk itu , kalau Anda makan nasi , kombinasikanlah dengan lauk ibarat ikan yang mengandung protein. Atau Anda juga mampu membuat sayur dari aneka kacang-kacangan.

Baca Ini: Terapi Sauna , Stress dan Gemuk Hilang

Minuman yang harus dihindari

Selanjutnya , menu minuman yang harus dihindari ketika berpuasa yaitu teh dan kopi , kenapa? Hal ini karena minuman tersebut mampu membuat seseorang merasa cepat dehidrasi. Jika sudah terbiasa mengonsumsi 2 minuman ini , sebaiknya Anda membatasinya dulu. Misalnya dengan minum setengah porsi dari biasanya. Kemudian sedikit demi sedikit gantilah kebiasaan dengan minum jus buah , air kelapa , air putih , dan minuman sehat lainnya.

Demikian info perihal beberapa variasi menu minuman dan makanan yang harus dihindari ketika puasa. Semoga info ini bermanfaat buat diet seimbang dan puasa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar